Alhamdulillah... SDI Al Amanah Raih Predikat Akreditasi "A"



Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dan/atau satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebagaimana dinyatakan pada UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, pasal 1 ayat (22).  Akreditasi sekolah/madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan dalam bentuk yang diterbitkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional. Akreditasi juga bertujuan untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas.

Beberapa bulan yang lalu, tepatnya pada akhir Agustus 2018 SDI Al Amanah telah mengikuti kegiatan Visitasi Akreditasi yang diselenggarakan oleh BAN-S/M dari Provinsi Banten. SDI Al Amanah harus menunggu lebih dari satu tahun lebih setelah masa berlaku akreditasi sebelumnya telah habis pada 2016. Mekanisme pelaksanaan akreditasi pada tahun ini memang agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pada tahun ini BAN-S/M telah meluncurkan SISPENA (Sistem Penilaian Akreditasi), dimana sistem tersebut mengharuskan sekolah sasaran akreditasi harus mengisi Instrumen Akreditasi secara online. Berdasarkan pengisian Instrumen tersebut BAN-S/M akan menentukan layak atau tidaknya sekolah tersebut untuk di akreditasi.

Penantian yang lama tersebut tidak ingin disia-siakan oleh SDI Al Amanah untuk mempersiapkan segala sesuatunya guna mendapatkan hasil yang maksimal, karena pada akreditasi sebelumnya SDI Al Amanah mendapatkan prediakat “B”.

Alhamdulillah berkat kerja keras serta doa dari semua pihak, sesuai dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Provinsi Banten Nomor : 024/BAN-SM-Prov/SK/2018 Tentang Penetapan Hasil Dan Rekomendasi Akreditasi Sekolah/Madrasah SDI Al Amanah berhasil mendapatkan Predikat “A”.

Dengan hasil tersebut SDI Al Amanah mengucapkan rasa syukur serta berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam kegiatan akreditasi tersebut. Semoga dengan hasil tersebut SDI Al Amanah bisa terus meningkatkan mutu pendidikan serta dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta didik dan orang tua murid, serta dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.