Pelaksanaan Outdoor Classroom Day (OCD)



Hari Anak Nasional (HAN) diperingati setiap tanggal 23 Juli. Ada sejarah dan alasan yang mendasari hal ini. Bermula pencetusan Hari Kanak-Kanak Indonesia di era Presiden Sukarno (Orde Lama) yang berproses cukup rumit, hingga nantinya diganti oleh Presiden RI ke-2 Soeharto pada 1984.

Menurut Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Indonesia (KPPAI), peringatan Hari Anak Nasional dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal.

Dalam rangka memperingati Hari Anak tersebut Walikota Tangerang Selatan Ibu Hj. Airin Rachmi Diany memberikan surat edaran kepada lembaga pendidikan untuk melaksanakan kegiatan Outdoor Classroom Day (OCD) pada tanggal 31 Juli 2019. Pada peringatan Hari Anak pada tahun ini Walikota Tangerang Selatan mengusung tema “ Kita Anak Indonesia, Kita Anak Gembira”.

Kegiatan tersebut serempak dilaksanakan di sekolah-sekolah yang berada di wilayah Kota Tangerang Selatan, tak terkecuali dengan SDI Al Amanah yang ikut melaksanakan kegiatan Outdoor Classroom Day (OCD), dalam acara tersebut banyak kegiatan yang bias dilakukan oleh anak-anak mulai dari sarapan bersama, membaca buku bersama serta kegiatan lain yang menyenangkan.

Dalam acara tersebut sekolah juga melakukan Deklarasi sekolah ramah anak, hal ini bertujuan untuk mewujudkan sekolah yang ramah dan menyenangkan untuk anak-anak dalam proses belajar mengajar.